Tips Supaya Tidur Cepat

tidur-malam

Anda mengantuk di pagi hari tetapi kesulitan tidur saat malam harinya? Barangkali karena Anda terkena imsonia atau memang kebiasaan tidur malam Anda yang tidak baik. Begadang tentulah gaya hidup yang tidak baik yang dapat mempengaruhi kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.

Seringnya tidur larut malam dapat menyebabkan penyakit-penyakit, seperti hati atau gangguan pencernaan. Selain itu, kualitas tidur dapat menjamin fit atau tidaknya kondisi tubuh Anda pada keesokan harinya.

Jika Anda ingin tidur cepat untuk menunjang aktivitas Anda pada keesokan harinya , maka Anda tanamkan diri untuk merubah pola hidup Anda. Dan pastikan pula bahwa perut Anda sudah terisi, jika tidak Anda bisa terbangun tengah malam dan mencari-cari camilan pengganjal perut.

Berikut ini adalah tips supaya tidur cepat:

1. Rapikan tempat tidur Anda senyaman mungkin.
Kondisi tempat tidur yang bersih dan rapi akan menunjang kenyamanan tidur Anda pula. Maka sebelum tidur, tatalah tempat tidur Anda. Akan lebih baik bila Anda memberikan penyegar ruangan pada kamar Anda. Jangan lupa untuk rutin mengganti sprei dan selimut Anda, maksimal 2 minggu sekali. Kebersihan dan keharuman tempat tidur Anda akan membuat tidur Anda nyenyak.

2. Ritual sebelum tidur.
Sebelum Anda tidur, sebisa mungkin Anda mencuci muka, menggosok gigi dan buang air kecil. Agar badan Anda terasa segar.

3. Rilekskan pikiran kurang lebih 15 menit.
Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan pikiran Anda dari segala macam urusan keduniawian Anda. Setidaknya 15 menit, pikiran Anda sudah rileks dan perasaan nyaman.

4. Matikan handphone.
Salah satu alasan Anda tidur Anda terhambat bisa jadi karena Anda sms-an atau mengangkat telpon dari seseorang. Jadi jika Anda tak ingin waktu tidur malam terganggu, matikan HP Anda atau men-settingnya dengan ‘silent’.

5. Mendengarkan lagu lembut
Sebuah penelitian di Journal of Holistic Nursing menunjukkan bahwa pasien insomnia akan lebih cepat tertidur ketika mendengarkan musik lembut dan menenangkan. Jika Anda ingin tidur cepat Anda boleh memutar lagu-lagu slow atau klasik melalui mp3 player Anda dengan volume kecil.

6. Bernapas sesuai ritme
Biasanya orang susah untuk tidur karena merasa cemas atau perasaan yang masih mengganjal. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda melakukan terapi napas. Caranya adalah dengan menarik napas dalam empat hitungan. Ketika menarik napas, hitung sampai empat. Kemudian ketika mengeluarkan napas, hitung lagi sampai hitungan ke delapan. Lakukan hal ini berulang kali.

8. Membaca buku yang membosankan.
Membaca buku-buku pelajaran atau bacaan-bacaan yang membosankan menjadi alternatif yang dapat memicu Anda mengantuk.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation