Tips Tetap Fit Menjalani Aktivitas Kerja

tetap-semangat-bekerja-saat-di-kantor

Aktivitas seharian di kantor tentulah menguras energi. Tak hanya yang memiliki kegiatan untuk pergi kesana-kemari, tetapi juga pekerjaan yang banyak dihabiskan di depan komputer pun juga menyita energi dan pikiran. Jika kita kurang memedulikan kondisi kesehatan tubuh kita, tentunya tubuh kita pun akan mudah diserang penyakit, yang diakibatkan kelelahan ataupun kurang asupan gizi.

Ada beberapa tips latihan agar tubuh tetap bugar dan fit di kantor:

1. Jangan menyilangkan kaki.

Ketika menyilangkan kaki terlalu lama atau selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah. Selain itu, dapat mengurangi sirkulasi yang  dapat berkontribusi pada varises.

2. Cobalah meluruskan kaki.

Meluruskan kaki sambil duduk rupanya mampu menjaga panggul dan pinggul seimbang selama kita duduk di kursi.

3. Postur yang baik.

Bila Anda duduk, praktikan postur tubuh yang baik dengan menarik perut kedalam, hibndarilah postur tubuh membungkuk.

4. Tarik napas.

Tarik napas dalam dengan hitungan yang tepat dapat mengurangi tekanan darah, stres, dan memberi Anda energi lebih, sehingga badan terasa lebih rileks.

5. Regangkan dada.

Luruskan tangan Anda sejajar dengan dada dan jari tangan mengarah ke atas. Peregangan ini membuka otot dada yang tengah merasakan stres selama kerja.

6. Menjangkau kebawah.

Luruskan tangan di samping kursi Anda untuk membawa aliran darah ke tulang belakang.

7. Berjalan.

Bangunlah dari kursi kerja Anda,  lalu rilekskan tubuh dengan berjalan. Sebaiknya Anda jangan makan di meja kerja Anda, makan ke laur bersama teman kerja Anda atau mampir ke ruang kerja teman Anda untuk makan bareng.

Yang perlu diperhatikan agar kondisi kesehatan kita tetap terjaga , di antaranya:

  • Cukup minum air putih.
    Air adalah elemen penting dalam tubuh. Air berperan penting dalam proses detoksifikasi dan pencernaan. Dehidrasi dapat mempengaruhi fokus dan konsentrasi.
  • Makanan Sehat.
    Saat makan siang, pilihlah menu yang sehat yang mengandung asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dan otak.
  • Tidur Malam yang Cukup.
    Kurang konsentrasi bisa disebabkan karena kurang tidur. Tidur malam yang berkualitas bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dari berbagai penyakit dan juga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
  • Tempat Kerja yang Bersih.
    Bersihkan ruang kerja Anda secara teratur. Anda harus concern untuk membersihkan peralatan kerja Anda agar tidak menjadi tempat bersarangnya kuman. Keyboard, mouse, telepon, bahkan meja kerja Anda adalah tempat yang paling potensial dihinggapi kuman dan virus. Dan perlu diingat bahwa mencuci tangan secara teratur untuk dapat mengurangi pencemaran kuman pada tubuh Anda. Jangan malas untuk mencuci tangan atau menggunakan sanitizer gel.
  • Penerangan yang Cukup.
    Pastikan tempat kerja Anda mendapatkan cahaya yang cukup. Penerangan yang buruk akan berdampak pada mata Anda bekerja lebih keras untuk melihat. Kesehatan dapat terganggu jika dipaksa diforsir untuk bekerja di tempat yang kurang pencahayaan.
  • Jagalah Kesehatan Mata Anda.
    Bila Anda  aktif bekerja di depan komputer, patut diperhatikan agar Anda mengistirahatkan mata Anda dari layar komputer. Disarankan untuk setiap 15-30 menit.
Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation