Tips untuk Diet Sehat Anda

Tips untuk Diet Sehat Anda

Menjaga bentuk badan ideal tentu menjadi keinginan setiap wanita supaya tetap cantik. Tapi jangan cuma ingin saja, Ladies… Anda harus mengusahakannya agar mendapatkan bentuk badan yang Anda inginkan. Jika berart badan Anda terjaga, bukan hanya kecantikan saja yang Anda dapatkan, tetapi juga kesehata. Sudah terbukti, kan, kalau orang dengan berar badan ideal memiliki kecencerungan yang lebih rendah untuk terkena penyakit.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bias Anda praktekkan agar program diet Anda jadi lebih baik dan sehat. Disimak ya, Ladies… 😉

  • Jangan biarkan diri Anda gemuk dengan selalu memenuhi permintaan perut. Anda bisa dengan mudah menyantap 600 kalori kue kering dan camilan tanpa Anda sadari.
  • Bawalah makan siang Anda sendiri ke kantor atau tempat Anda beraktivitas. Kalau bisa jangan makan siang di luar. Ini akan membantu Anda mencegah makan siang berlebihan, sebab porsinya bisa Anda takar sejak awal.
  • Makanlah lebih banyak sup (tanpa krim). Sup tanpa krim mengandung rendah kalori dan lumayan membuat kenyang.
  • Usahakan menyantap menu rendah kalori dulu sebelum menyantap menu lain. Mulailah dengan salad, sayuran dan sup kaldu, baru kemudian daging di urutan terakhir. Hal ini dimaksudkan agar pada saat giliran menyantap daging, perut sudah cukup penuh sehingga Anda tidak terlalu banyak menyantap makanan tinggi kalori.
  • Jangan gunakan piring makan biasa. Gunakan piring salad setiap kali Anda makan. Ini berpengaruh secara psikologis. Anda akan merasa sudah terlalu banyak makan jika sudah menambah satu kali saja.
  • Pastikan bahwa setengah porsi dari makan siang atau makan malam Anda adalah sayur dan buah-buahan.
  • Jangan lewatkan waktu sarapan Anda. Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari. Sarapan juga akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, sehingga kalori yang terbakar lebih banyak dibandingkan jika Anda tidak sarapan.
  • Jadikan makan sebagai aktivitas yang memiliki tujuan, yaitu hidup sehat. Jangan lewatkan waktu makan Anda dan mengharapkan berar badan Anda menjadi lebih cepat turun. Itu tidak akan terjadi. Jika tidak ada makanan yang masuk ke perut Anda, metabolisme tubuh akan melambat. Yang ada malah Anda akan terkena penyakit lambung.
  • Nikmati saat makanan masuk ke mulut dan kunyah dengan perlahan agar makanan dapat dicerna dengan sempurna. Jangan makan terlalu cepat. Makan lebih lambat dapat membantu memastikan jumlah makanan yang diserap tubuh serta dapat mengurangi risiko makan terlalu banyak. Hal ini juga bisa membantu agar kita tidak menyentuh sisa makanan dan alat makan lagi sampai makanan benar-benar dimakan seluruhnya.
  • Kurangi pemakaian garam; hindari penggunaan garam meja, sebab garam akan menyerap lebih banyak lemak dalam tubuh Anda sehingga lemak akan tertimbun.
  • Tambahkan satu porsi buah-buahan atau sayuran pada menu Anda. Buah dan sayur juga dapat dikonsumsi sebagai camilan, di sela-sela makan pagi, makan siang, dan makan malam.
  • Cukupi kebutuhan air putih Anda. Minumlah setidaknya 8-10 gelas setiap hari.
  • Kurangi konsumsi makanan cepat saji/ fast food sampai kurang dari seminggu sekali. Fast food mengandung banyak lemak jenuh dan hanya terdapat sedikit nutrisi penting, seperti serat, vitamin, dan mineral (terutama kalsium).
  • Kurangi konsumsi gula secara berlebihan. Ganti minuman bersirup dengan air putih atau teh tawar. Hindari minuman bersoda, karena mengandung kadar gula yang tinggi.
  • Berolahragalah untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Selain menurunkan berat badan, tubuh Anda akan menjadi bugar karenanya.
  • Hentikan kebiasaan ngemil ketika Anda sedang stress. Alihkan dengan hal lain, misalnya berjalan-jalan atau membersihkan rumah.
  • Gosok gigi segera setelah makan malam, untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis. Buat komitmen dengan diri sendiri bahwa Anda tidak akan menyentuh makanan lagi ketika sudah menggosok gigi pada malam hari.

Sederhana, kan, Ladies? 😉 Sangat mudah untuk Anda terapkan di rumah, di kantor, di mana saja Anda beraktivitas. Jika Anda bisa melakukannya, maka berat badan ideal bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat… 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation