Tips Untuk Si Kecil Yang Tak Suka Sayur dan Buah

tips jika anak tak suka sayur dan buah

Meskipun buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, nyatanya masih banyak anak yang tidak suka makan buah ataupun sayur. Anak-anak kerap menolak buah dan sayur yang disodorkan orang tua bahkan seringkali melakukan aksi gerakan tutup mulut ketika orangtua menyuapkan buah dan sayur.

Nah bagaimana cara agar anak yang tidak suka makan sayur dan buah jadi mau mengkonsumsinya? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk si kecil:

1. Kenalkan sedini mungkin
Ketika sedang mengandung dan menyusui, anda harus banyak makan buah dan sayur. Selain bagus untuk kesehatan, kebiasaan tersebut juga dapat membiasakan si kecil untuk suka dengan sayur dan buah kelak. Ketika anak sudah dapat diberi makanan pendamping ASI, kenalkan buah dan sayur secara bertahap sesuai dengan tekstur yang mudah diterima oleh gigi dan lambung si kecil. Jangan terlalu banyak memberikan bumbu seperti garam atau gula apalagi penyedap rasa di makanan yang dikonsumsi anak ketika sedang belajar makan makanan pendamping ASI

2. Tumbuhkan tanaman sendiri
Ajaklah anak untuk memanfaatkan sisa tanah di sekitar rumah untuk ditanami sayuran seperti bayam, kangkung, sawi atau tomat. Ajak anak untuk berpartisipasi aktif dalam pemeliharaannya hingga ketika memanennya. Sambil belajar bercocok tanam, kenalkan fungsi dan manfaat sayuran yang sedang ditanam agar anak menjadi semangat untuk menkonsumsinya kelak.

3. Belanja seru
Sering-seringlah mengajak anak berbelanja sayur dan buah di pasar tradisional atau supermarket. Ajak anak untuk belajar mengenal warna, tekstur dan rasa dari buah atau sayur mayur yang sedang dipajang. Tunjukkan warna sayur mayur atau buah-buahan yang segar dan ceria seperti warna kuning pada jeruk, hijau pada selada, merah pada strawberry dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan tertarik dengan rasa buah dan sayur yang berwarna warni tersebut.

4. Anda juga harus suka makan sayur dong
Jangan menyuruh-nyuruh anak untuk rajin konsumsi buah dan sayur jika anda sendiri tidak melakukannya. Jika kebiasaan baik semacam itu anda lakukan dan anda dapat menunjukkan bukti nyata kesehatan dari buah dan sayuran yang anda konsumsi setiap hari, maka diharapkan anak akan tertarik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama seperti yang telah anda peroleh. Kuncinya tentu ketelatenan dan konsistensi untuk konsumsi buah dan sayur.

5. Ubah buah dan sayur dalam bentuk lain
Coba ubah buah dan sayur ke dalam bentuk lain. Anda dapat belajar mengukir ikan pada buah semangka, atau bentuk bentuk lain pada buah-buahan yang ingin diberikan ke anak agar anak tertarik untuk menyantapnya. Anda juga dapat memasukkan parutan wortel ke dalam nugget yang sedang anda buat untuk memberikan nutrisi sayuran kepada anak. Berkreasilah sekreatif mungkin dalam mengolah sayur dan buah agar penampilannya semakin menarik dan anak tertarik untuk mengkonsumsinya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation