Waspada Berbagai Faktor Penyebab Jerawat

Waspada Berbagai Faktor Penyebab Jerawat

Jerawat mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak masalah kulit yang kerap kali mengganggu wanita maupun pria. Beberapa pendapat juga meyakini bahwa jerawat dihasilkan oleh faktor keturunan. Tapi, taukah anda bahwa salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah kurang stabilnya hormon di dalam tubuh. Gangguan psikis berupa stres seringkali merupakan faktor pemicu keluarnya hormon kortisol yang pada akhirnya berhubungan dengan tampilan kulit yang terlihat kurang baik. Disamping hormon tubuh yang tidak stabil, juga terdapat berbagai faktor penyebab jerawat yang wajib untuk anda hindari.

 
Mencuci muka dengan sabun terlalu sering
Kebiasaan mencuci muka sesungguhnya merupakan hal yang bermanfaat bagi kulit.  Namun, akan menjadi kurang baik jika anda melakukan ritual mencuci muka dengan sabun kelewat sering. Membersihkan wajah dengan sabun apalagi terlalu sering menggosok dan melakukan pijatan pada wajah hanya akan memperparah produksi minyak dari kelenjar sebum.Karena itu, membersihkan wajah dengan milk cleanser ataupun sabun sebaiknya dilakukan maksimal dua kali dalam sehari.

 
Kandungan skincare yang kurang cocok
Terdapat berbagai jenis zat kimia yang pada umumnya bertentangan dengan jenis kulit yang mudah berjerawat. Beberapa zat yang menjadi faktor penyebab jerawat ini diantaranya adalah Lanolin, mineral oil, petroleum, isopropyl myristate, dan parfum buatan. Zat kimia dalam kosmetik tersebut, dapat menyebabkan penyumbatan pada pori, iritasi kulit dan meningkatnya produksi minyak oleh kelenjar sebum.

 
Kurang menjaga kebersihan
Jerawat muncul biasanya disebabkan oleh adanya kerjasama antara mikroorganisme dengan kotoran dan debu di pori kulit. Oleh sebab itu, kita seharusnya paham untuk lebih rajin menjaga kebersihan benda-benda seperti halnya seprai dan bantal, spons make up dan handuk yang seringkali bersentuhan secara langsung dengan kulit wajah.

 
Terpapar sinar matahari
Efek jahat sinar UV sudah bukan rahasia lagi merupakan salah satu musuh utama kulit. Walaupun beberapa ahli menyatakan bahwa sedikit sinar UV dapat membantu membunuh mikroorganisme dikulit, bukan berarti berada di bawah paparan sinar matahari apalagi untuk waktu yang lama merupakan hal yang sah-sah saja untuk dilakukan.

 
Keseringan Begadang
Tidak ada salahnya jika sesekali kewajiban menyelesaikan tugas kuliah ataupun lembur kerja menyebabkan berkurangnya waktu tidur. Namun,keseringan begadang sejatinya merupakan salah satu faktor penyebab jerawat dan kusamnya kulit.

 
Selain berbagai faktor penyebab jerawat yang telah dibahas, pastinya masih banyak lagi bermacam-macam faktor penyebab jerawat yang mengintai kulit anda di luar sana seperti halnya konsumsi makanan berlemak dan kurang berolahraga. Menjalankan kebiasaan hidup sehat, sudah barang tentu akan sangat membantu anda dalam memerangi ataupun mencegah si pengganggu kecantikan kulit yang satu ini.

One Comment

  1. saya sudah hampir 3 tahun berjerawat. awal nya wajah saya tidak berjerawat, tpi krn saya pergi ke dr kecantikan buat facial, wajah saya justru semakin jerawatan dan bahkan hancur.
    mulai dari situ, wajah saya jerawatan sampai sekarang. dan sudah banyak cara yg saya lakukan demi wajah saya.
    saya mw tips ny donk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *